Asian Tourism Forum


Asia Tourism Forum (ATF). Forum internasional ini merupakan pertemuan dua tahunan industri pariwisata seperti praktisi, akademisi, peneliti, birokrat pemerintah dan pembuat kebijakan guna updating bersama-sama bertukar informasi tentang penelitian untuk keberlanjutan perkembangan industri pariwisata di Asia. STP Bandung sebagai UPT dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendapatkan suatu kehormatan sebagai tuan rumah yang ke 10 untuk pelaksanaan even internasional ini.
Conference ATF bertujuan memfasilitasi pertukaran informasi dan membangun jaringan di antara para peneliti, praktisi industri pariwisata dan pembuat kebijakan untuk berkolaborasi ddan membangun jaringan dengan tujuan besar guna membantu perkembangan pemasaran dan pengelolaan pariwisata di Asia.
Kegiatan forum ini, pada hari pertama terdapat: Pembukaan, Plenary Session, dan Panel Discussion di Gedung Merdeka Bandung, Welcome Dinner di DOM STP Bandung. Pada hari kedua: Paper Session dan Poster Session di Gedung Hospitality STP Bandung. Dilanjutkan Tour ke Tangkuban Perahu dan Gala Dinner di Kampung Jadul. Pada hari ketiga: Paper Session dan penutupan di DOM STP Bandung.
Adapun tema ATF 2012 adalah RETHINKING TOURISM dengan fokus pada Strategy to Sustainable Deveploment dengan mengangkat 19 topik kajian yang mencakup: sustainable tourism, creative tourism, economic sustainable, marketing, human resources, cultural and heritage tourism, education and training in tourism, tourism policy, regional cooperation in tourism, aviation policies, financial, tour operator and travel agency, hotel industry, quality service restaurant and food service, information technology, dan tourism planning.
Keynote speaker 5 orang yang terdiri dari: Professor Caye Chon (HongKong), Professor Haiyan Song (HongKong), Professor Geoff Wall (Canada), Professor Abdul Kadir Haji Din (Malaysia) dan Professor Wiendu Nuryanti (Indonesia). Terdapat 70 abstract dan 35 orang full paper presenter dari berbagai institusi pendidikan dalam dan luar negeri.  ATF dihadiri 16 oleh negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Philipina, China, New Zealand, Inggris, Turki, India, Yunani, Macau, Hongkong, Australia, Korea Selatan, Taiwan, Uni Emirat Arab. Partisipan ATF sebanyak 350 dari berbagai institusi pendidikan pariwisata dari dalam dan luar negeri.
Forum ATF diharapkan mampu memberikan pemikiran berupa rekomendasi dalam menata dan mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan di Asia sebagai acuan bagi seluruh stakeholder.

No comments:

Powered by Blogger.