Keutamaan Shalat Dhuha

Assalamualaikum wr.wb.

Hello, selamat pagi ikmmers! :) Alhamdulillah nih masih dikasih kesempatan sama Allah SWT untuk share hal-hal yg Insya Allah positive sama kalian semua.

Okay, as it was written in the title hari ini kita akan membahas tentang keutamaan shalat dhuha. Dan kebetulan ini jam dhuha juga (berhubung pas lagi nulis postingan yang ini jam 08.17) :D Sering ga sih ada orang yang suka nanya
"udah dhuha belom?", alhamdulillah ibu mimin jg sering nanya gitu ke mimin. Emang sepenting itukah shalat dhuha? Yuk mari kita bahaaaaaaaas.

Apa sih shalat dhuha itu? Pasti kita semua udah tau yaaa, tapi apa salahnya dibahas lagi? :) Okay, shalat dhuha adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu dhuha. Waktu dhuha adalah waktu dimana matahari telah terbit/naik kurang lebih 7 hasta hingga terasa panas menjelang shalat dzuhur. Biasanya kalo di Indonesia sih jam 07.00 - 11.00.

"Kenapa sih kok kayanya penting banget yah shalat dhuha? Padahal itu kan sunnah, yang kalo ga dilakukan kita gakan dapet dosa." Iya siih, tapi yakiiiiin gamau shalat dhuha kalo udah tau apa aja keutamaan dan reward dari Allah untuk orang-orang yang melakukan shalat dhuha? Niiih.....

Keutamaan shalat dhuha:
1. Sedekah bagi seluruh persendian tubuh - "..menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala” (HR Muslim).
2. Menunaikan shalat dhuha ibarat sedang membangun rumah di surga - “Barangsiapa yg shalat Dhuha sebanyak empat rakaat & empat rakaat sebelumnya,ia akan dibangun sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami`: 634)
3. Pahala shalat dhuha setara dengan melakukan ibadah Umrah - "Barang siapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan `umrah…” (Shahih al-Targhib: 673).
4. Mendapatkan pengampunan dosa

Subhanallah, siapa yang gamau merasakan kenikmatan, keberkahan, dan pahala yg cuma-cuma dari Allah karena menunaikan shalat dhuha? Siapa yang gamau membangun rumah di surga, mendapakan pahala setara dengan melakukan ibadah umrah dan mendapatkan pengampunan dosa? Shalat fardhu aja belum tentu dapet pengampunan dosa. Meskipun sunnah tapi rugi juga yah kalo kita ga menunaikan shalat dhuha. Nah sekarang yakinn nih shalat dhuha ga penting? Lumayan, eh bukan lumayan lagi ini besar sekali untuk inventasi kita di akhirat nanti :D

"Wah! Iya yah, harus lebih semangat nih min menunaikan shalat dhuhanya :D" Iya, harus! Semoga kita semua bisa bersama-sama menjadikan shalat dhuha salah satu kegiatan rutin kita sehari-hari yah. Semoga mimin yang nulis juga, aamiin. Yuk mari sama-sama mengingatkan.

Oiya, maaf mimin gabisa bahas secara lengkap tentang shalat dhuha, berapa rakaatnya, niat, dll. Mungkin kalo mau tau lebih jauh tentang itu bisa ditanyakan kepada Ust. Nashrul Haq, Insya Allah beliau bisa menjawab semua kekepoan kita tentang fiqih. Nah, kalo mau ketemu ustadz Nashrul Haq, ngedengerin materi tentang fiqih dari beliau, dan mau nanya-nanya tentang fiqih yang lainnya ayooo ikutan Enhaii Dhuha :D setiap hari Sabtu pukul 09.00-Dzhuhur. Insya Allah kita bakal dapetin banyak banget pelajaran dari materi-materi yang kita dapetin dari Enhaii Dhuha

Oiya, mimin pamit dulu yaaa, mohon maaf atas segala kekeliruan yang ada. Segala yang benar-benar datangnya dari Allah dan yang salah itu dari kekeliruan mimin.

Wassalamualaikum wr.wb.

Follow Us on Twitter: @ikmmSTPB
Join Us on Facebook: IKMM's Official Facebook Page

No comments:

Powered by Blogger.